Selasa, 11 Juni 2013
4 komentar

Bulukumba sejatinya mencanangkan program gemar membaca


Setelah melakukan diskusi terbatas pada beberapa pengurus The Phinisi Center dan melakukan beberapa penelitian lapangan, kami mendapatkan bahwa budaya baca di bulukumba sangat minim. Data lapangan yang kami peroleh menunjukkan bahwa sangat banyak masalah yang mengakibatkan kurangnya minat baca masyarakat di daerah ini. Masalah tersebut antara lain adalah:
1.      Kurangnya Buku-buku yang dimiliki oleh masyarakat.

2.      Kurangnya ruang baca (perpustakaan mini) yang disediakan oleh pemerintah, instansi atau perusahaan yang ditempatkan pada ruang pelayanan publik.
3.      Kurangnya ransangan atau rasa ingin tahu tentang informasi yang tersedia pada buku-buku. Seolah-olah buku tidak memiliki daya tarik sama sekali.
4.      Kurangnya kesadaran untuk memiliki banyak informasi.
5.      Masih ada diantara kita yang tidak lancar membaca.
Dari permasalahan di atas, penulis dapat memberikan beberapa cara untuk meningkatkan budaya gemar membaca, terutama untuk menjawab permasalahan minat baca di Bulukumba maka dirumuskan beberapa solusi yang dianggap paling tepat, antara lain:
1.      Pemerintah, Intansi Swasta, Perusahaan dan kelompok masyarakat lainnya(yang memiliki ruang pelayanan publik) sejatinya membangun perpustakaan mini untuk umum pada ruang-ruang tertentu. Bisa juga perputakaan dalam bentuk mobil keliling, perpustakaan alam dan sebagainya yang bertujuan untuk peningkatan layanan baca.
2.      Pemerintah sejatinya menyediakan dan memperluas akses informasi untuk umum, baik informasi niaga, pertanian, perkebunan, kelautan dan lain-lain, terutama yang berkaitan dengan profesi masyarakat daerah.
Semoga dengan konsep dan rancangan diatas, bulukumba bisa menjadi daerah yang maju dalam bidang pendidikan, terutama pada keterbukaan dan perluasan akses informasi publik.

(Abdul Haris Mubarak, S.Sos - Kadiv Publikasi dan Penerbitan TPC)
 

4 komentar:

  1. Tetap semangat bro mari kita sama-sama membangun Bulukumba yang tercinta ini.....khususnya di bidang pendididkan....SUKSESS...!!!

    BalasHapus
  2. infonya sangat bermanfaat, mdh2an dibaca oleh para pengambil kebijakan... eh, kalo bisa tuliski nama penulisnya atau penanggungjawab tulisan di atas, trims.... selamat berkarya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih atas sarannya pak! akan di Edit kemudian

      Hapus

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top