Selasa, 21 Mei 2013
0 komentar

Awal Masuk dan Perkambangan Islam di Sulawesi Selatan


Berdasarkan catatan sejarah bahwa masuk dan berkembangnya Islam di Sulawesi Selatan mulai berlangsung pada awal abad ke-15 dan resmi sebagai agama kerajaan Makassar pada abad ke-16. Kerajaan yang pertama kali menjadikan Islam sebagai agama kerjaan adalah Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo (disebut juga Kerajaan Makassar). Kerajaan Gowa dan Tallo memeluk Islam pada 1605 M. berkat adanya dakwah Islam oleh Datuk Ribandang dan Sulaeman dari Minangkabau sehingga Raja Gowa dan raja Tallo memeluk Islam dan secara otomatis rakyatnya mengikuti agama yang dianut oleh Raja.
Corak keyakinan masyarakat pada kerajaan-kerajaan di Sulawesi Selatan sebelum datangnya Islam lebih banyak dipengaruhi Hindu. Kerajaan-kerajaan tersebut yang terkenal antara lain Kerajaan Gowa, Kerajaan Tallo, Kerajaan Bone, Kerajaan Wajo, Kerajaan Soppeng dan Kerajaan Luwu. Bahkan masih banyak kerajaan-kerajaan kecil yang berada di Sulawesi Selatan. Corak keyakinan masyarakat dari Hindu menuju Islam tentunya juga mengalami pergeseran, mulai dari bentuk makam, adat istiadat, pergaulan dan sebagainya.
Makassar sebagai kawasan yang paling strategis sebagai bandar niaga di Indonesia timur membuat Islam lebih gampang menanamkan pengaruh di sana. Dari Makassar pula, dakwah Islam dapat desebar pada pulau-pulau yang ada disekitarnya. Persebaran tersebut antara lain ke Kalimantan, Ternate, Nusa Tenggara dan sebagainya.
Sumber Bacaan : IPS Sejarah – SLTP 1B Tiga Serangkai

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top