Senin, 26 Agustus 2013
0 komentar

Sosialisasi Pendidikan Partisipatif SDN 350 Kahaya


Sosialisasi pendidikan partisipatif dirangkaikan dengan penelitian potensi budaya dan wisata Desa Kahaya Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba. Sosialisasi pendidikan partisipatif merupakan sebuah program The Phinisi Center (TPC) untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas di kabupaten Bulukumba.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 20 – 21 Agustus 2013 di Desa Kahaya. Untuk hari pertama melakukan penelitian tentang potensi budaya dan wisata dengan mengunjungi beberapa tempat yang di anggap berpotensi untuk di jadikan kawasan wisata, serta berkunjung ke rumah warga untuk melakukan wawancara terkait budaya dan wisata sekitar. Dilanjutkan dengan mengadakan camping, mendirikan tenda di puncak gunung kahaya.

Untuk hari kedua, pelaksanaan sosialisasi program pendidikan partisipatif di SDN 350 Kahaya, acara ini di buka langsung oleh bapak kepala desa Kahaya (Abdul Rahman), dan dihadiri oleh sekitar 20 peserta yang berasal dari perangkat desa, tokoh masyarakat, ketua komite, guru, serta warga sekitar. Menurut Abdul Rahman, beliau  sangat mengapresiasi adanya TPC hadir di tengah-tengah mereka untuk membantu memajukan daerah, dilanjutkan dengan perkenalan lembaga, dan pemaparan tentang pendidikan partisipatif.

Pendidikan Partisipatif bertujuan untuk mendorong orang tua dan masyarakat secara luas peduli dan pro aktif terhadap pelaksanaan pendidikan sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program di sekolah. Pelibatan mereka selain didorong oleh pihak sekolah seharusnya terlaksana pula melalui Komite Sekolah sebagai fasilitator dan mediator antara pihak sekolah, orang tua siswa, masyarakat, dan pihak lain secara luas untuk  pengembangan dan perbaikan sekolah.

Terakhir, dilakukan diskusi dengan memberikan waktu dan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan pertanyaan, sanggahan ataupun harapan. Para peserta berharap kepada pemerintah agar memberikan sedikit perhatian terhadap mereka. yang terpenting adalah akses jalan menuju desa ini yang harus di perbaiki, karena untuk berkunjung ke daerah ini butuh perjalanan yang cukup lama dengan melewati beberapa gunung dan lembah, dan tak dapat dilalui oleh kendaraan. Selain itu mereka juga berharap di sediakannya sekolah SMA di daerah ini agar anak-anak mereka dapat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Sosialisasi ini sukses terlihat dari antusias peserta, serta kepala Desa kahaya menerima TPC untuk bekerjasama dalam mengembangkan daerah, baik dari segi Budaya dan wisata maupun pendidikan. Selain itu beliau pun berencana untuk mengadakan pertemuan kembali dan akan mengundang TPC dalam pertemuan tersebut.
***




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top