Senin, 22 April 2013
0 komentar

Wisata Pujjanggo Kabupaten Bulukumba


Oleh : Akbar
Setelah melakukan penjajakan untuk mencari informasi tentang phinisi di tanaberu kelurahan lemo-lemo selanjutnya pengurus The Phinisi Center mengunjungi tempat pembuatan perahu phinisi yang kedua yang terletak  di bira. 100 meter sebelah utara pantai bira. Pembuatan phinisi yang ada di bira hampir sama dengan pembuatan phinisi yang ada ditanah beru. Yang membedakan hanya ukuran dan massa dari perahu itu sendiri. Perahu yang ada di desa bira lebih cendrung memiliki massa dan ukuran yang lebih besar. Yakni memiliki massa hingga 1000 ton. Dengan besar 10 kalilipat dari perahu yang ada di Tanaberu.

Ketika berada tempat tersebut the phinisi center lebih cendrung melihat dan mencari informasi terkait proses pembuatan hingga pemasaran perahu. Dilanjutkan dengan photo bersama sebelum meninggalkan tempat pembuatan. Selanjutnya dilanjutkan dengan mengunjungi puncak bira. Bukan hanya bandung loh yang memiliki puncak tetapi bulukumba pun memiliki puncak yang letaknya disekitar pantai bira.
Daerah puncak ini sering disebut sebagai istilah punjanggo. Tempat ini cukup menarik untuk memacu adrenalin karena medan yang dilalui sangat ekstrim dan menarik. Jalan yang terjal dihiasi dengan bebatuan karang menambah daya tarik untuk melalui medan tersebut. Jarak tempuh yang akan dilalui untuk mejangkau tempat tersebut sekitar 200 meter dari jalan poros bira. Untuk mengunjungi tempat tersebut dapat dijangkau dengan menggunakan motor namun harus dengan ekstra hati-hati. Karena disepinggiran jalan adalah jurang yang sangat menakutkan.
Akan tetapi, medan yang dilalui akan lenyap seketika ketika sampai ditujuan. Karena pemandangan yang begitu indah dan menarik ada disekeliling puncak tersebut. Dari puncak kita dapat melihat cover pantai bira secara keseluruhan. Dari tempat ini dapat terlihat jelas batas geografis pantai dan pelabuhan yang ada disekitar pantai.
Tak sah jadinya ketika kepantai bira tapi tidak meluangkan waktu untuk berkunjung ketempat ini. Karena tempat ini sangat menarik dan mengesankan. Hembusan angin sepoi disertai dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dapat terlihat dari tempat ini dengan ketinggian sekitar 200 m diatas permukaan laut.
Ini adalah salah satu tempat wisata yang sangat menarik dikabupaten Bulukumba namun belum terpublikasi secara meluas. Ada banyak tempat-tempat wisata yang menarik dikabupaten Bulukumba yang sampai saat ini belum terpublikasi olehnya itu sebagai wujud pengabdian TPC dalam membantu mempublikasikan potensi dan keindahan wisata kabupaten Bulukumba
***

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top