TPC kembali berkunjung ke beberapa
sekolah di Kecamatan Rilau Ale, Rabu 05 Juni 2013. Pengurus yang ikut kunjungan
ke sekolah kali ini sebanyak 5 orang. Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh
informasi terkait tata kelola sekolah, manajemen sekolah, serta pengelolaan
anggaran. Sekolah yang dapat dikunjungi kali ini terdiri dari dua sekolah yang
ada di Desa Bajiminasa kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba yaitu SDN
245 Katappo dan SDN 85 Bingkarongo. Namun kami belum mendapatkan hasil dan informasi yang cukup valid karena kepala sekolah dari kedua sekolah tersebut tidak ada ditempat berhubung karena ada pertemuan / rapat dengan Dinas Pendidikan.
245 Katappo dan SDN 85 Bingkarongo. Namun kami belum mendapatkan hasil dan informasi yang cukup valid karena kepala sekolah dari kedua sekolah tersebut tidak ada ditempat berhubung karena ada pertemuan / rapat dengan Dinas Pendidikan.
Untuk kali ini TPC menggunakan tehnik
wawancara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan mulai dari wawancara
dengan kepala sekolah, guru dan staf, siswa, serta masyarakat sekitar. namun
hal ini tak dapat terealisasi karena beberapa pihak terkait tidak ada ditempat.
Untuk SDN 245 Katappo ini bukan
kali pertama kami berkunjung kesekolah ini tetapi beberapa minggu sebelumnya
kami sudah berkunjung untuk menjalin silaturahmi dengan pihak sekolah. kami
sempat berdiskusi dengan kepala sekolah dan sudah mendapatkan informasi secara
langsung dari kepala sekolah terkait gambaran sekolah yang beliau pimpin mulai
dari tata kelola, manajemen sekolah, serta pengelolaan anggaran bantuan sekolah.
Berbeda dengan SDN 85 Bingkarongo
meskipun sebelumnya telah melakukan kunjungan ke sekolah dan ini merupakan kali
kedua. Namun, belum dapat bertemu dengan kepala sekolah berhubung karena adanya
agenda yang tidak memungkinkan beliau tetap berada di lingkungan sekolah. Namun
itu bukan menjadi kendala bagi kami untuk mendapatkan informasi sesuai dengan
tujuan kehadiran kami.
Yang sempat kami temui dan wawancara
untuk hari ini yaitu pihak guru dan staf, siswa-siswa, serta masyarakat
sekitar. dari hasil wawancara dengan guru-guru, siswa, serta masyarakat sekitar
“ dapat disimpulkan untuk hipotesis sementara tata kelola, manajemen sekolah,
serta pengelolaan anggaran sudah baik. Akan tetapi informasi yang didapatkan dari
hasil wawancara ini belum dapat dijadikan bukti yang autentik untuk pengambilan
kesimpulan secara penuh. Mengingat sample yang digunakan untuk memperoleh
informasi masih terbatas. Oleh sebab itu untuk mendapatkan informasi yang lebih
valid kami bermaksud untuk mengadakan tehknik Cityzen Report Card (CRC).
Cityzen Report Card (CRC) merupakan
sebuah tehnik dan cara yang paling baik digunakan karena dengan cara ini akan
sangat mudah ditemukan adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil wawancara
yang telah dilaksanakan sebelumnya.
Namun kehadiran TPC bukan untuk
menemukan kesalahan tetapi bagaimana kita dapat ikut berpartisipasi dalam
meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan dikabupaten Bulukumba. Sebagai
putra dan putri daerah maka sudah sewajarnya untuk ikut andil dalam pembangunan
daerah ke arah yang lebih baik.(Akbar*)
***
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam