Sabtu, 11 Mei 2013
2 komentar

Rencana Strategis TPC Bulukumba terhadap partisipasi pengembangan Daerah


The Phinisi Center (TPC) kembali membuat planing (perencanaan kerja) untuk tahun anggaran 2014. Program tersebut adalah publikasi ragam budaya dan pariwisata bulukumba. Planing tersebut dianggap penting karena berdasarkan penelitian awal yang telah dilakukan oleh tim peneliti TPC memberikan kesimpulan bahwa Bulukumba memiliki beberapa objek wisata, budaya dan ragam yang penting untuk diperkenalkan, baik tingkat lokal, maupun tingkat nasional. Harapannya adalah untuk menarik perhatian budayawan, wisatawan, pelajar maupun masyarakat umum lainnya (skala yang lebih laus) untuk berkunjung ke Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Program yang dirancang akan direalisasikan pada tahun 2014 tersebut juga diharapkan mampu melibatkan perhatian pemerintah terhadap potensi sosial, budaya, pariwisata dan ragam lainnya di Bulukumba untuk lebih diperhatikan, dirawat dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan setiap icon daerah yang ada.

Nama program yang sementara dirancang ini, sebagaimana telah dijelaskan di atas belum diberi nama. Meskipun demikian, beberapa bayangan tentang program tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
1.      Program yang dimaksud akan melakukan penelitian yang intensip dan mendalam terkait beberapa hal di Kabupaten Bulukumba, antara lain;
a.      Potensi dan masalah setiap objek wisata
b.      Potensi dan masalah setiap komunitas adat
c.       Potensin dan masalah setiap kebudayaan daerah
d.      Potensi dan masalah pendidikan
e.      Potensi dan masalah setiap usaha masyarakat
f.        Potensi dan masalah industri
g.      Potensi dan masalah kerajinan tangan dan karya khas daerah
h.      Keamanan daerah
i.        Perkebunan dan kawasan hutan
j.        Dll.
2.      Program yang dimaksud akan mengangkat, mempertahankan, mengembangkan dan mempublikasikan secara luas setiap potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Bulukumba.
3.      Program yang dimaksud akan mempelajari lebih dalam setiap masalah yang terjadi di kabupaten Bulukumba untuk diselesaikan bersama oleh para pemegang kebijakan.
4.      Program yang dimaksud akan dijadikan sebagai bahan diskusi untuk pengembangan daerah kabupaten Bulukumba.
5.      Sebagai suatu laporan kegiatan, program yang dimaksud merencanakan pembuatan buku tentang “potensi wisata dan budaya Bulukumba” dengan tema “jangan mati sebelum melihat surga di Bulukumba”.
Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun anggaran 2014 ini, belum matang secara konsep. Kendalanya yaitu masih sebatas perencanaan dan masih membutuhkan bantuan pemerintah, baik secara moril maupun materil untuk merealisasikan program. Tentunya dukungan dari berbagai pihak untuk merealisasikan program ini sangat dibutuhkan.

2 komentar:

  1. mohon izin, tulisan ini akan kami formulasi menjadi berita untuk web / blog Kabupaten Bulukumba (http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/), trims...

    BalasHapus
  2. terima kasih atas niat baiknya.

    Hormat Kami
    LSM TPC - Bulukumba
    @2013

    BalasHapus

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top