Jumat, 24 Mei 2013
0 komentar

Potret Pendidikan dikabupaten Bulukumba


Oleh : Akbar
Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan. Pendidikan seharusnya menjadi prioritas utama yang harus terjaga dan terjamin kualitasnya karena merupakan pilar utama pembentuk karakter manusia. Akan tetapi pada kenyataannya pendidikan seakan jadi wadah yang tidak terhiraukan lagi.

Tidak jarang ditemui sekolah-sekolah yang tidak dapat berfungsi dengan baik karena keadaan gedung yang sudah tidak layak pakai bahkan sudah ambruk, manajemen yang kurang baik. Namun perhatian dari berbagai pihak terkait belum kunjung tiba.
Bagaimana bisa kualitas pendidikan akan meningkat jika wadahnya kurang memadai, pemerintah selalu berupaya melakukan trobosan-trobosan baru demi peningkatan kualitas pendidikan namun faktanya malah membuat dunia pendidikan semakin amburadul. Hal ini terjadi akibat pondasi atau wadah yang seharusnya jadi pijakan dasar tidak begitu kuat sehingga kualitasnya pun semakin menurun. Pemenuhan kebutuhan pendidikan pun telah dicanangkan harus merata diberbagai pelosok daerah, namun faktanya dunia pendidikan yang ada di kota sangat berbeda dengan dunia pendidikan yang ada dipelosok-pelosok desa.
Instansi pendidikan di kota telah mengikuti perkembangan dan perubahan zaman karena memiliki sarana dan prasarana proses pembelajaran yang mendukung, namun berbeda halnya dengan instansi pendidikan yang ada dipelosok-pelosok desa yang tidak mampu mengikuti perubahan zaman dan mendapatkan informasi yang uptode karena sarana dan prasana yang tidak memadai.
Ini sebagai bukti bahwa cetusan  siswa-siswa yang berasal dari sekolah yang ada dikota memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat berbeda dengan cetusan siswa-siswi yang berasal dari pelosok Desa. Bukan dari segi kemampuan dan kecerdasan otak yang dimiliki akan tetapi berasal dari sarana dan prasarana yang tidak setara, sehingga menjadikan aktivitas dalam pemenuhan kebutuhan menjadi terbantahkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia.
Olehnya itu pihak terkait harus berupaya agar tetap mengedepankan peningkatan kualitas pendidikan, mencari sumber permasalahan, serta mengikut sertakan berbagai pihak terutama masyarakat agar terwujud pendidikan yang berkualitas dikabupaten Bulukumba.
***

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top