Senin, 29 April 2013
0 komentar

Daya Tarik Leppe di Butta Panrita Lopi


Daya Tarik Leppe di Butta Panrita Lopi
Oleh : Akbar
Salah satu tempat menarik yang ada di kota Bulukumba yakni dermaga yang sering disebut dengan istilah leppe, terletak di kelurahan ela-ela. Jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota, hanya berkisar 1 kilometer. Tempat ini merupakan sebuah dermaga yang sering digunakan oleh kapal-kapal pengangkut ikan dan pengangkut barang-barang lain untuk berlabu. Hanya untuk kapal-kapal yang berukuran kecil seperti very maupun kapal phinisi yang berukuran kecil.  
Selain sebagai tempat berlabu bagi perahu-perahu, tempat ini juga sering dikunjungi oleh masyarakat untuk menghilangkan kejenuhan dan kebosanan dengan memancing ikan. Bahkan ketika hari libur sepinggiran dermaga ini hampir terpenuhi oleh masyarakat yang berkunjung untuk memancing. Selain itu tempat ini pula kerap dijadikan tempat rekreasi bagi masyarakat terkhusus bagi anak muda/remaja.
Salah satu pemandangan yang dapat terlihat didermaga ini yakni aktivitas kapal yang crewnya sibuk memindahkan barang-barang yang akan diangkutnya. Serta dapat pula berfoto diatas perahu phinisi yang terparkir dipinggiran dermaga. Selain itu untuk anak-anak disekitar dermaga ini terlihat aktif untuk belajar berenang dan menangkap ikan. Ada banyak aktivitas lain yang dapat kita temukan di tempat ini selain pemandangan yang cukup indah yang dapat terlihat dari tempat ini.
Salah satu wawancara yang kami lakukan pada kunjungan kali ini yakni seorang anak yang bernama Idul, masih duduk disekolah dasar. mengatakan bahwa aktifitas kesehariannya setelah pulang sekolah adalah berkunjung ketempat ini untuk mencari ikan. Meskipun tidak selamanya bisa membawa pulang hasil pancingan maupun pemberian dari orang karena merasa kasihan. Tetapi semangat sikecil tak pernah surut untuk berkunjung ketempat ini.
Tak elok rasanya ketika berkunjung ke butta panrita lopi tetapi tidak menyempatkan untuk mampir ketempat ini. Namun waktu yang sangat tepat utuk berkunjung yaitu pada pagi hari dan sore hari.
***

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top