Kamis, 21 Maret 2013
0 komentar

Konsep Program Kerja


Program adalah gabungan antara konsep dan aksi yang dibuat untuk menyelesaikan persoalan. Dengan demikian, dalam suatu program kerja seharusnya bisa memenuhi beberapa hal berikut ini :
1.      Terdapat masalah yang segeran dan penting untuk diselesaikan
2.      Mempertimbangkan tujuan, target dan sasaran
3.      Menghitung Peluang dan tantangan

Jika mengurai 3 pasal di atas, maka setiap program kerja harus berangkat dari survey atas dugaan mula-mula dan jika hasil survey menunjukkan adanya masalah yang harus diselesaikan dengan menggunakan suatu metode, maka keseluruhan komponen, mulai dari masalah hingga metode penyelesaiannya harus menggunakan konsep dasar.
Konsep dasar suatu program kerja dapat disusun secara struktural sebagai berikut:
a.      Pendahuluan
b.      Latar belakang program
c.       Maksud dan tujuan
d.      Waktu
e.      Team work
f.        Anggaran
g.      Penutup
Juga bisa dilihat berdasarkan penyajian tabel berikut:
No.
Waktu
Program
PJ
Waktu
Anggaran
Target& Sasaran
Peluang & tantangan
Ket.
1








2








3








4








Tabel di atas maupun uraian sebelumnya merupakan komponen konsep program kerja yang sederhana, jika memungkinkan hal tersebut bisa ditambah maupun dikurangi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. (ahm)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam

 
Toggle Footer
Top