Program
adalah gabungan antara konsep dan aksi yang dibuat untuk menyelesaikan
persoalan. Dengan demikian, dalam suatu program kerja seharusnya bisa memenuhi
beberapa hal berikut ini :
1.
Terdapat
masalah yang segeran dan penting untuk diselesaikan
2.
Mempertimbangkan
tujuan, target dan sasaran
3.
Menghitung
Peluang dan tantangan
Jika
mengurai 3 pasal di atas, maka setiap program kerja harus berangkat dari survey
atas dugaan mula-mula dan jika hasil survey menunjukkan adanya masalah yang
harus diselesaikan dengan menggunakan suatu metode, maka keseluruhan komponen,
mulai dari masalah hingga metode penyelesaiannya harus menggunakan konsep
dasar.
Konsep
dasar suatu program kerja dapat disusun secara struktural sebagai berikut:
a.
Pendahuluan
b.
Latar
belakang program
c.
Maksud
dan tujuan
d.
Waktu
e.
Team
work
f.
Anggaran
g.
Penutup
Juga
bisa dilihat berdasarkan penyajian tabel berikut:
No.
|
Waktu
|
Program
|
PJ
|
Waktu
|
Anggaran
|
Target& Sasaran
|
Peluang & tantangan
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel
di atas maupun uraian sebelumnya merupakan komponen konsep program kerja yang
sederhana, jika memungkinkan hal tersebut bisa ditambah maupun dikurangi sesuai
dengan kebutuhan masing-masing. (ahm)
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah menitipkan komentar
semoga informasi ini bermanfaat
Wassalam